Senin, 15 Agustus 2011

Tips Menghindari Mabuk Laut

1. Sebelum memulai perjalanan mancing persiapkan diri dengan baik, istirahat / tidur yang cukup, minimal 5 jam. sehingga tubuh anda tetap dalam keadaan Fit dan tetap bugar.

2. Isi perut dengan makanan yang mengenyangkan (tapi jangan terlalu kekenyangan), jangan makan makanan yang banyak mengandung minyak. perut yang sudah terisi menghindari anda dari masuk angin yang menyebabkan mabuk laut. gunakan jacket kalo udara terasa dingin.

3. Siapkan obat obatan seperti Balsem, minyak angin, koyo dan juga jamu anti masuk angin, minumlah soda untuk mengeluarkan masuk angin. Oleskan obat gosok disekitar area perut, pundak, leher dan pelipis. minumlah juga obat anti mabok selagi masih didarat ( 1/2 jam sebelum naik kapal ), biasanya kalo sudah mabuk minum obat anti mabuk akan percuma. Ada obat anti mabuk yang biasa digunakan para mania mancing adalah : dramamine & stugeron

4. ada saran yang untuk menempelkan beberapa koyo di bagian leher, belakang telinga. ini disinyalir penyebab mabuk laut karena terganggunya mekanisme keseimbangan di telinga bagian dalam oleh gerakan selama di Laut.

5. Saat di kapal usahakan agar tetap memfokuskan pandangan mata ke garis Horisontal, badan jangan terlalu sering membungkuk atau melihat kebawah, hal ini dapat membuat lebih cepat merasa mual, selain itu pula jangan melihat sesuatu dari jarak dekat. Jika belum terbiasa jangan merangkai pancingan di kapal , minta tolong saja pada ABK untuk merangkai atau memasang umpan.

6. coba hindari dari tempat mesin yang berbau solar, karena bau tersebut akan langsung masuk ke otak dan dapat membuat pusing.

7. Bawa bekal buah buahan atau jus buah , bawa juga minuman jahe untuk mencegah dan mengobati mabuk laut.

8. Jangan minum minuman yang memacu jantung lebih cepat spt : alkohol, soft drink, atau kopi

9. satu lagi tip yang mungkin dapat berhasil yaitu dengarkan musik , jika anda memiliki Ipod atau mp3 player , begitu kapal bergerak cari tempat duduk yang nyaman dan mulailah pasang musik favoite anda dgn begitu anda akan lebih konsentrasi ke alunan musik dan lupa sedang berada di laut.

10. Jika sudah merasa pusing dan mual sebaiknya muntahkan saja karena jika sudah dimuntahkan akan terasa lebih enak. setelah itu oleskan tubuh dengan balsem di bagian perut, leher, dan pelipis mata atau bisa juga hirup aroma minyak angin.

11. ada beberapa cara untuk mengurangi efeknya bila sudah terlanjur mabuk, beberapa pemancing menyarankan untuk meminum air laut agar dapat mengurangi mabuk laut, bahkan ada pula yang menyarankan nyebur ke laut dan mandi agar tubuh segar kembali.

12. Apabila cara cara diatas sudah dilakukan dan anda masih saja mabuk laut usahakan tidur dengan rileks, namun jika benar benar tidak kuat , obat yang paling ampuh adalah kembali daratan dan segera minum obat anti masuk angin.

Sumber BatamFishing.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar