Kamis, 19 Januari 2012

Yuk modif sendiri reel kita..

Saya termasuk anglers berbudget rendah, karena punya jatah mancing rendah ya seringnya fishing tackles yang bisa kebeli yang "murahan" aja. Dulu pertama kali mancing saya beli joran/rod Pioneer dari fiber (lupa serinya apa) sama reel/katrol Shimano FX 4000. Kedua barang ini cuman seharga 300 ribuan doang.

Kalau sekarang sih koleksi joran dan katrol dah nambah banyak, harganya lama2 naik dikit2. Hehehehehehe. Tapi tetep katrol kesayangan saya ya si FX tadi. Tapi karena reel harga 200 ribuan aja, so pasti spare part sama qualitynya segitu2 aja.

Untungnya kemarin ada rekan anglers yang ngasih tahu caranya modif reel itu, karena kebetulan beliau juga punya reel FX4000. Modifnya nggak susah, supaya nambah kekuatan waktu fight sama ikan, ball bearing asli bawaan dari FX yang dari plastic kita ganti sendiri dengan ball bearing stainless steel.

Reel Shimano FX4000

Plastic Ball Bearing bawaan FX4000
Modalnya pun lumayan murah, belikan ball bearing stainless dengan ukuran sama, biar nggak salah bongkar dulu reel FX, lepas ball bearing plasticnya terus bawa ke toko hardware. Setelah itu kita tinggal pasang ball bearing stainless ke reel FXnya.

Stainless Steel Ball Bearing yang baru
Proses bongkar pasang plus ganti ball bearingnya mudah dan cepat kok. Palingan cuman 15 menit aja. Baru setelah itu kita kasih grease atau lub oil sedikit biar putaran makin enak. Tapi karena ball bearing dari logam, kita musti merawat reel lebih teratur.

5 komentar:

  1. tambahan sedikit untuk tipsnya.. saat kita memasang kembali ada nut untuk shaft tengah yang dibuka dari tempat spool benang.

    nut ini saat memasang kembali usahakan sekencang mungkin, kemarin saya ngikat kurang kencang ada masalah saat dipakai, setelah dikencangkan, putarannya mak nyussss..

    BalasHapus
  2. saya punya reel viking ball bearing cuman 1 gimana modifnya jadi 3 bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya gampang bos, cari schematic reelnya, terus bongkar.. kalau ball bearing cuman satu biasanya dipasang di main shaft..

      saya belum pernah bongkar reel viking, kalau dianggap aja sama kaya FX4000, bisa nambah 2 bearing lagi di handle kiri kanan..

      tambahan ini cuma untuk memperlancar smoothness putaran handle saja.. baru kerasa bedanya kalau reel kena beban lumayan berat..

      Hapus
  3. cuman tempat untuk ball bearing ngak ada bos..tapi viking biarpun 1 ball bearing putaran ringan meskipun agak kasar. Saya keburu beli ngak lihat spesifikasi dulu, sbetulnya ada yg tipe 3 ball bearing,model spt daiwa BG90 full metal body jg harga murah, thanks infonya bos..salam strike!

    BalasHapus
  4. maaf om klo buat shimano hyperloop biar gak cepet oplak gimana ya, soal nya saya baru baru mulay hobi d bidang mancing harian mas ni, tolong pengarahan nya om, di maklumin ajh ya, masih paud

    BalasHapus