Sabtu, 18 Februari 2012

Joran Shimano Cruzar - Si Anak Hilang

Ada sedikit cerita, beberapa waktu lalu ada kawan bilang kalau di pasar second aviary, batu aji, ada yang menjual joran dan katrol merk Shimano. Saya memang berminat dan akhirnya saya hunting kesana. Ubek-ubek di pasar itu ketemu juga tempatnya.

Memang ada sebuah lapak yang menjual beberapa joran dan katrol yang digantung. Si empunya toko langsung promosi kalau dia punya tackles shimano satu set. Dan barang ini dikasih tunjuk kesaya. Setelah saya cermati ternyata tackles ini set Joran Shimano Cruzar dan reel FX4000FB. Saya check barangnya memang masih bagus dan keliatannya brand new, masih ada tag Shimano tergantung dan ada tulisan "for sale in Singapore only".

Joran Shimano Cruzar

Iseng saya nanya harganya, "Berapa bang?", "Ini Shimano satu set asli bang, barang mahal, sama sampeyan saya kasih sejuta aja dah" kata si penjual. "Pasnya aja deh berapa?" saya langsung to the point. "Enam ratus bang, tak bisa turun lagi" jawab si penjual itu sambil ngejelasin kalau tackles Shimano tu kualitas wahid dan bla bla bla, biasa, promosi pasaran.

Saya cuma tersenyum aja terus bilang,"Sorry bang, kalau segitu saya nggak ada duit". Terus deh ngeloyor pergi. Memang dari awal saya nggak minat untuk ngambil tu tackles. Tapi dalam ati saya jadi bertanya-tanya juga. Ntar kalau ada yang beli terus kemakan omongan abang itu gimana ya?

Shimano memang brand kelas wahid untuk fishing tackles, tapi bukan berarti semua tackles dengan brand Shimano itu mahal dan "berkualitas". Karena sebenarnya saya tahu harga joran shimano cruzar di toko cuma Rp. 134.000, reel FX4000FB juga cuma Rp 198.000. Jadi sekalipun kita beli di toko paling banter juga cuma kena 300 ribuan untuk set yang ditawarkan oleh si Abang tadi. Pengen beli barang murah berkualitas tapi kalau nggak tahu justru malah kena ajrut2an.

Kembali ke laptop, kenapa saya bilang Shimano Cruzar itu si Anak Hilang, karena di catalog resmi Shimano South East Asia sendiri memang joran ini tidak dimasukkan. Jadi seolah-olah joran ini ada tapi oleh pabrikan sendiri yang bikin tidak diakui. Entah dengan alasan apa.

Sebelum ada Shimano Cruzar ini, joran Shimano yang resmi beredar dengan harga paling murah mungkin Shimano Scimitar. Perfomanya memang lumayan untuk kelas galatamaan atau mancing harian. Kalau Cruzar dari segi penampilan memang boleh tahan. Tapi untuk performa mungkin masih perlu dipertanyakan.

Update 05 Sep 2012:
Untuk penggemar Joran Shimano Cruzar ini nggak usah berkecil hati. Joran ini sudah diakui oleh Shimano dan dimasukkan ke katalog resmi untuk edisi 2012. Katalognya bisa didownload di website resmi Shimano.

Di katalognya Joran ini disebutkan dibuat dari material fibre glass. Ada yang type FG (Hollow Glass) dan SG (Solid Glass). Karena dari fiber menurut saya joran ini cocok untuk angler pemula karena tahan banting, tapi beratnya nggak nahan.

 

15 komentar:

  1. Balasan
    1. Ojo ngamuk lho ya sing nduwe joran Cruzar.. Ini artikel dah lama banget pun..

      Hapus
  2. iya mas... saya jg naya di ditoko seceond aviari itu,, sempat kesel jg nanyain joran itu... karena harganya melebihi harga baru... ya sudah lah saya tinggal aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tokonya yang di pojokan itu ya?? bapak-bapak tua.. jorannya digantung kadang dimasukkin vas bunga juga.. hehehehehehehe..

      kalau dulu memang iya, kawan pernah dapat Reel Overhead Shimano Bantam cuma seharga 50 ribuan.. terus joran Shimano Cardiff juga yang cuma puluhan ribu.. Tapi sekarang penjual di pasar second aviary dah pintar-pintar.. kalau kita tak tahu barang bisa-bisa malah buntung..

      Hapus
  3. emang dasar tu penjual sok kalipun. aku juga baru dari sana kemaren nanya sama sigendut itu. sekarang aku dah beli di toko aja harganya cuma 125 rb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip..

      Sayang kalau ngambil Cruzar mas.. Dulu ada yang ngajari saya, kalau mau murah tapi kuat beli joran fiber aja..

      Tapi setelah sekian lama mancing, sekarang pengennya yang kuat dan ringan..

      Cruzar ada satu di rumah, dulu beli untuk Istri sama dipinjem2in.. Sekarang malah asik custom rod sendiri.. Dah 2 joran jadi..

      Hapus
  4. harus lebih waspada...yo mas... cruzar itu memang versi...shimano yang paliiiiing murah.... harga grosirnya gak sampek cepek lho...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul betul betul..
      untuk pemula silakan aja.. kalau dah mancing mania, mendingan nggak usah lah ngambil cruzar..

      Hapus
    2. Beratnya emang gak nahan tp handlingnya lumayan lah buat galatama lele pas strike ikan bisa cepat naik tanpa sering ngacak2 lapak tetangga kiri kanan,tarik aj terus jgn d ksh nafas tuh ikan n jgn takut patah krn joran ini selain berat jg kuat bgt,udahannya br terasa tuh tangan pd pegel semua ...he..he..he.

      Hapus
    3. Kalau GT lele masih bisa diladenin pake Cruzar, coba deh GT Bawal atau Patin. Kapan hari tu saya galatamaan, kawan pake cruzar, kena hantam Bawal cuma 2kgan patah Cruzarnya. Kekekekekekeke.

      Hapus
  5. Klo mo pake yg SG aja...!, dgn catatan Anglernya sdh 6bln Fitnes Binaraga, yakin ga PEGEL. malah tamvah otot. Qiik3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda benar..

      Yang SG memang lebih kuat, kalau saya sih inget umur sendiri aja Mas. Nggak kuat make joran yang berat.

      Hapus
    2. Saya pake cruzar untk glatama patin 8kg kuat"ajh gak patah.

      Hapus
  6. Saya pake cruzar kuat"ajj buat GT PATIN 8kg ke ngakt gak patah

    BalasHapus
  7. saya pake Yang SG ngangkat bawal 3kg kuat tanpa di serok

    BalasHapus