Sabtu, 18 Desember 2010

Common issue on pipes installation

Masalah2 yang sering dihadapi saat melakukan pemasangan pipa di atas kapal (new building) sangat bervariasi, tetapi secara garis besar bisa digolongkan sebagai berikut :

1. Kotoran masuk di dalam pipa. Kotoran ini bisa berupa potongan welding rod, rust, welding glove, pecahan grinda, bungkus rokok dll. Hal ini sangat mengganggu, terutama ketika kapal dalam stage commissioning. Saya pernah mengalami kerusakan pompa yang diakibatkan sarung tangan masuk ke dalam pipa. Penyebab utama dari masalah ini adalah poor workmanship. Ketika melakukan pemasangan pipa kita harus menutup ujung pipa yang terbuka. Ujung spool pipa yang terbuka akan berpotensi untuk masuknya benda-benda asing ke dalam sistem perpipaan tersebut.

2. Pipa kecil yang dirunning/diroute dibawah pipa besar. Hal ini menyebabkan tidak adanya akses maintenance untuk pipa tersebut.

3. Misalignment di koneksi terakir ke equipment. Tindakan pencegahannya, untuk last spool pipes yang dipasang ke equipment maka musti dilakukan field weld. Misalignment yang dipaksakan akan mengakibatkan rusaknya nozzle pada equipment.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar