Minggu, 15 Mei 2011

Handlining atau Handline Fishing

Handlining atau handline fishing adalah salah satu teknik memancing tanpa menggunakan fishing rod atau joran. Ini merupakan teknik memancing favorit saya. Salah satu alasan yang membuat saya menyukai teknik handlining ini karena pada saat umpan dimakan ikan, kita akan lebih merasakan "getaran"nya di jari tangan  yang memegang line.

Handline Fishing, gambar dari pilchardworks.co.uk

Teknik ini sangat bagus untuk angler pemula. Selain mudah dilakukan, teknik handlining ini juga relatif murah. Kita tidak membutuhkan dua alat yang paling mahal pada olahraga memancing yaitu fishing rod dan fishing reel. Alat yang kita butuhkan berupa gulungan, line, kail dan beberapa alat-alat kecil lain (kili-kili, pemberat, ranggon).

Pada saat kita memancing dengan menggunakan teknik handlining ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan :
  1. Safety, sesuai motto tempat kerja saya Safety First, begitu juga saat kita melakukan handlining ini. Resiko yang mungkin akan kita alami bisa berupa jari tangan terluka karena senar ketika kita strike ikan yang besar ataupun juga jari tangan terluka karena terkena hook/kail. Untuk mencegah bahaya ini biasanya saya sering memakai handyplast atau sejenisnya yang saya belitkan pada ruas jari. Setelah itu menggunakan sarung tangan. Saya pernah merasakan kail menancap di jari saat menggulung senar, hmm lumayan terasa nyeri juga.
  2. Benang kusut, sering terjadi terutama ketika kita sedang strike dimana biasanya kita tidak menggulung benang pada gulungan tapi menarik benang dan membiarkannya menumpuk di sisi badan kita. Untuk mencegah benang kusut, biasanya saya mensterilkan area dimana benang akan saya tarik. Semua alat-alat atau barang yang ada di situ saya bersihkan. Pada saat menarik benang juga usahakan dengan arah tertentu, misal kalo kiri badan ya tangan kanan di depan kiri dibelakang.
  3. Tarikan tangan saat strike, berbeda saat kita menggunakan joran, pada saat handlining kita hempaskan kesamping badan dengan gerakan menyentak. 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar