Jumat, 20 Mei 2011

Mengenal Lebih Dalam Spinning Reel

Spinning reel merupakan salah satu jenis reel yang paling sering kita temui. Harga dan jenisnya sangat bervariasi mulai dari reel antah berantah seharga 85 ribu rupiah sampai Shimano Stella SW yang harganya mencapai hampir sepuluh juta rupiah.

Meskipun harganya bervariasi tetapi fungsi dan bagian-bagianya tidak jauh berbeda antara satu sama lain. Bagian-bagian spinning reel tersebut bisa kita lihat di gambar dibawah :

Bagian-bagian spinning reel, gambar dari wikipedia.org

  1. Pick Up atau Bail Arm, fungsinya untuk mengarahkan line saat digulung, bail arm harus dibuka saat kita melakukan casting.
  2. Reel Seat, sebenarnya ini merupakan bagian dari fishing rod yang digunakan untuk menahan reel pada tempatnya. Mekanisme yang biasa digunakan adalah thread/ulir.Untuk menghindari reel berputar pada joran, di bagian tengah reel seat biasanya diberi alur penahan yang sejajar dengan arah joran.
  3. Reel Foot, tempat pijakan reel pada reel seat.
  4. Handle, digunakan untuk memutar reel pada saat menggulung benang.
  5. Support Arm, lengan penahan antara reel ke rod.
  6. Anti-reverse lever, digunakan untuk menyetting apakah saat kita menggulung senar reel akan bisa memutar balik (mengulur benang) atau tidak. Benang perlu diulur bukan dengan cara membuka bail arm pada saat strike dan kita ingin memainkan tarikan supaya ikan kelelahan.
  7. Skirted Spool, tempat mekanisme bearing untuk menggulung senar.
  8. Fishing Drum, tempat senar yang telah digulung.
  9. Drag Adjust Knob, tombol putaran untuk mengatur seberapa besar tarikan yang kita inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar