Selasa, 04 Oktober 2011

Negek? Apaan sih?

Pernah denger kata "negek"? Saya aja baru denger beberapa bulan belakangan ini. Negek merupakan salah satu teknik mancing yang kata kawan saya merupakan salah satu teknik mancing asli nusantara. Berarti di negara lain belum ada.

Peralatan yang dipakai untuk mancing negek ini lumayan sederhana, pole rod (joran panjang tanpa ring dan tidak menggunakan reel) biasanya sepanjang 4.5 - 7 m. Mata kail yang unik terdiri dari beberapa kail yang dijadikan satu, biasa disebut candit atau garong. Pelampung, bisa pelampung apung maupun melayang dan tentunya tali pancing (lebih disukai yang mono).

Karena memakai mata kail garong maka para negekers sering juga disebut garongers. Ikan yang menjadi target untuk jenis mancing ini adalah ikan baronang yang hobi makan segalanya. Jadi umpan yang bisa kita pakai untuk negek biasanya lumut ijo, nasi lumat, tepung, bakwan kadang bisa juga lontong atau bakso.

Pertama kali nyoba mancing negek saya nggak sreg karena menurut saya mancing seperti ini nggak ada serunya. Tapi setelah merasakan tarikan ikan baronang jenis tompel, orang melayu batam sering menyebutnya Lebam, saya jadi ketagihan negek.

Ukuran Baronang Tompel memang berkisar antara 3 - 7 jari (rata-rata), tetapi karena saat strike menggunakan joran tegek yang panjang tarikannya mak nyussss dan lebih dahsyat daripada mancing dasaran. Kalau pendapat saya pribadi ini mungkin dikarenakan joran tegeg yang panjang sehingga momen yang timbul karena tarikan akan lebih terasa.

Garongers di Magcobar Batam, courtessy of batamfishing.com
 

2 komentar:

  1. Infonya dong gan, spot negek yg seru, di macgobar masih di bolehin masuk buat mancing ya om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Info dari temen2 dah boleh negek lagi di Macobar. Tapi saya sendiri belum sempat kesana. Masih sibuk adaptasi di kantor baru..

      Hapus