Selasa, 03 Mei 2011

Pipe Cut Length

Untuk kita yang berkecimpung di dunia per-piping-an pasti istilah pipes cut length (kadang juga ada yang menyebut pipes nipple) sudah familiar di telinga. Secara kasar sih pipe cut length bisa diartikan sebagai panjang potongan pipa yang ditentukan berdasarkan perhitungan sesuai isometric drawing yang kita kerjakan.

Di beberapa shipyard (termasuk perusahaan saya) perhitungan panjang potongan pipa ini dilakukan oleh orang-orang production. Jadi sejak awal pipes cut length tidak tercantum di isometric drawing yang diissue dari engineering. Di dalam isometric drawing hanya dicantumkan bill of material untuk satu gambar tersebut.


Contoh piping isometric drawing di shipyard

Seperti yang bisa dilihat di gambar diatas panjang potongan pipa tidak terlihat di dalam gambar. Yang diberikan biasanya jarak center ke center dari fitting ke fitting di kedua sisi potongan pipa tersebut. Jadi kalkulasi harus dilakukan untuk menentukan seberapa panjang kita harus memotong pipa supaya spool pipa yang dihasilkan akan sesuai dengan dimensi yang diberikan oleh isometric drawing.

Dalam melakukan hitungan ini, selain piping isometric drawing, kita menggunakan WPS dan yard standard sebagai acuan lainnya. Mungkin saya akan bahas di kesempatan berikutnya.

1 komentar: