Selasa, 29 November 2011

Pak Dahlan membuat gebrakan, Indonesia akan membangun PLTN yang pertama

Saya termasuk pangagum berat Pak Dahlan Iskan (Menteri BUMN yang sekarang), sering mengikuti tulisan beliau yang juga seorang blogger di Catatan Dahlan. Senin kemarin (28 Nov 2011) beliau mengambil keputusan yang telah lama jadi polemik di negeri Indonesia yaitu pembangunan PLTN. Kita tunggu aja langkah selanjutnya, karena saya termasuk golongan yang abstain untuk masalah PLTN ini.

Saya setuju kalo PLTN itu bisa menjadi salah satu sumber listrik alternatif (murah??) tetapi apakah sumber daya manusia dan kultur kita sudah mampu untuk "menjinakkan:" si nuklir??



Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah akhirnya menyetujui pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) berkapasitas 200 kilowatt (KW) untuk memenuhi kebutuhan energi yang terus meningkat.

Demikian disampaikan Menteri BUMN Dahlan Iskan pada seminar nasional tentang kebijakan energi nasional dengan tema "KEN, Sebagai Fondasi Terwujudnya Kedaulatan Energi Menuju Kemandirian Bangsa" di Gedung DPR, Jakarta, Senin.

"Melihat kebutuhan energi yang terus meningkat, saya telah menyetujui pembangunan PLTN berkapasitas 200 KW," kata Dahlan.

Dahlan menjelaskan bahwa pembangunan PLTN di Indonesia memang banyak menuai kontroversi. Tapi jika melihat dari peristiwa kebocoran radiasi di PLTN Fukushima Jepang, menurut Dahlan, pembangunan PLTN tetap bisa dilanjutkan. Hal itu mengingat dalam peristiwa meledaknya PLTN Fukushima akibat guncangan gempa tersebut tidak ada korban jiwa satu pun.

"Saya sudah bertemu dengan banyak orang Jepang. Jadi begitu ada pengusaha yang minta izin bangun PLTN saya langsung menyetujuinya," katanya.

Dahlan menambahkan bahwa setelah pembangunan PLTN berkapasitas 200 KW selesai, pemerintah juga telah menyetujui pembangunan PLTN tahap berikutnya sebesar 2 MW.

"Setelah PLTN 200 KW selesai, maka akan ada pembangunan PLTN berikutnya dengan kapasitas 2 MW," ujarnya.


Sumber Antara News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar