Kamis, 03 November 2011

Trip Mancing, Pulau Akar 30 Oct 2011

Karena dah lama nggak turun ke tengah, kangen juga nih. Tapi karena kemarin ada musibah yang menimpa kawan2 mancing di perusahaan sampai merenggut korban jiwa akhirnya kita putuskan untuk mancing di area dekat saja. Tepatnya di area sekitar Pulau Akar, Jembatan 2 Barelang. Planning kita berangkat 4 orang, saya, Pak Freddy, Mas Adit dan Mas Bambang. Tekongnya Pak Muhamad (Amad) Jembatan 2.

Hari Minggu, 30 October 2011, Pukul 04.00 pagi Pak Freddy dah SMS,"Rok dah mau berangkat dari rumah nih, umpan dah ada?". Memang untuk trip mancing kali ini umpan biar Bambang yang nyari, dia nitip sama Herman untuk dicariin udah segar di Tanjung Riau. Karena belum ada kabar dari Bambang dan Herman saya nggak balas SMS Pak Freddy yang satu ini.

Pagi jam 06.00, Mobil Pak Freddy dah nyampe depan rumah, Pak Freddy sama Mas Adit di dalam, Bambang belum datang dan saya sedang bersemedi di dalam kamar mandi. TUnggu bentar sambil masukkin alat2 perang datanglah Mas Bambang. Umpan belum ada, nunggu lagi.. Beberapa waktu tak ada kabar berita dari Herman, kita putuskan untuk nyari umpan sendiri di Pasar Sagulung.

Dapat umpan, langsung tancap gas ke jembatan 2. Kita parkir di lokasi deket masjid setelah jembatan 2. Turun dari mobil nampak bang Amad naik motor bawa botol, dalam hati mikir "Tak iya nih, nunggu lagi tekong beli bensin". Kita bawa turun peralatan mancing ke pelantar di bawah Masjid. Tunggu agak lama bang Amad belum muncul-muncul juga.

Akhirnya kita putuskan untuk mancing main-main di pelantar situ. Di bawah pelantar banyak ikan shreding berlari-lari, Bambang nyoba ngrawe pake Sabiki, Pak Freddy nyoba dasaran, kalo saya pastilah make joran tegek. Lumayan lama dah mulai blingsatan tak sabaran, akhirnya saya nyamperin bang Amad ke rumah beliau. Di rumah masih kosong, "Belum balik ni tekong beli bensinnya" Saya balik lagi ke pelantar, nampak di bawah pelantar ada lumut, lumayan nih buat umpan negek, saya turun ambil sedikit terus cuci. Dengan modal lumut tadi saya ke ujung pelantar.

Sampai ujung pelantar Pak Freddy bilang nengok tompel sebiji sliwar-sliwer dibawah pelantar. Makin semangat nih, tak sia-sia bawa peralatan negek. Saya lihat sendiri angin sama lingkis ukuran 3 - 4 jari dibawah pelantar, jongkok sambil nyetting garong, masang lumut, tahu-tahu ada bunyi "plung" eh hp saya nyemplung ke laut (lagi). Saya liat ke bawah bentar, HP masih melayang-layang di air. Pikir2 bentar terus buka baju n terjun lah saya ke laut. hehehehehe.

Air keruh, pake mata telanjang nggak nampak, Bambang turun membantu saya untuk nyelam juga. Saya naik keatas, lari bentar ke rumah-rumah di sekitar pelantar akhirnya dapat pinjaman kacamata berenang. Setelah berusaha nyelam-timbul beberapa kali akhirnya berhasil juga hp tu naik lagi. HP naik, bang Amad dah datang, show must go on, langsung deh kita berangkat mancing.

Spot pertama di area Pulau Akar, tumben juga bang Amad bawa saya kesana, beberapa kali mancing sama dia belum pernah saya dibawa ke arah kanan jembatan, biasa di sebelah kiri jembatan saja. Di area pulau Akar ini hasilnya lumayan juga, meskipun nggak ada strike yang dikatakan istimewa.

Lagi asyik strike ikan karang, seratus meter dari lokasi kapal kita melihat serombongan selar sedang berpesta, mulai napsu nih, pasang sabiki langsung komando tekong untuk nyerbu selar. Perburuan selar pun dimulai, tetapi kita gagal total, hehehehe. Bambang naik 4 ekor selar, sedangkan saya naik seekor aja. Yang lain nol.

Mancing juga kudu safety
Setelah itu kita berpindah lokasi beberapa kali. Mayoritas ikan yang naik pada trip ini adalah si Mr L alias Lincing, hahahahaha. Jumlah total ikan yang naik 231 ekor ikan + seekor ketam, ikan non lincing seperti katarap, tokak, selar, marabini, kerapu puyut, kambing2 dll sejumlah 62 ekor. Sisanya Lincing...
Saya strike baby katarap

Mas Bambang ngrawe selar
Mas Adit strike ikan marabini
Pak Freddy strike 4 ekor lincing sekaligus

Pukul setengah 6 kita putuskan untuk pulang, sampai di pelantar Bambang menjatuhkan reel Shimano dia ke laut. Kita minta untuk selam tapi dia ragu-ragu karena sudah mulai gelap. Minta tolong bentar ke bang Amad biar dicarikan besok terus kita pulang.

Total hasil perolehan trip kali ini