Sabtu, 16 April 2011

Istilah - istilah dasar dalam memancing

Dalam dunia memancing banyak sekali terdapat istilah-istilah yang mungkin kurang kita dengar, maklum karena hobi ini baru beberapa waktu terakhir mengalami booming. Terimakasih tentunya untuk acara Mancing Mania yang menyebabkan olahraga ini jadi lebih populer.

Berikut beberapa istilah-istilah dasar dalam memancing :

1. Joran (Rod)
Joran adalah alat pancing yang berbentuk tongkat panjang, memiliki panjang yang bervariasi. Masing-masing bagian joran mempunyai namanya sendiri.







2. Katrol (Reel)
Ini alat yang digunakan untuk menggulung benang, macam dan harganya sangat beragam. Reel mempunyai banyak kelebihan dibanding gulungan manual. Resiko benang yang ruwet saat menggulung sangat kecil. Kita juga mudah melakukan casting (melempar umpan dan kail ke lokasi yang kita tuju).

3. Umpan (bait/lure)
Bisa berupa umpan tiruan atau umpan alami. Untuk masing-masing ikan yang kita incar tentu saja harus menggunakan umpan yang berbeda.

4. Kail (hook)
Benda inilah yang akan menancap di mulut ikan saat kita strike (ikan memakan umpan kita). Ukurannya beragam dan materialnya beragam, ada yang terbuat dari stainless steel ataupun carbon steel biasa.

5. Pemberat (Sinker)
Digunakan supaya kail dan umpan kita terbenam ke dalam air, terutama ketika kita melakukan bottom fishing (mancing dasaran).

6. Apung-apung
Bisa terbuat dari kayu, gabus atau stereofoam. Biasanya dipakai saat kita mancing di perairan air tawar. Sering dipakai saat kita ingin supaya kail mengambang di dalam air dengan kedalam tertentu (bukan di dasar tentunya). Para pemancing Galatama sering menggunakan alat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar