Selasa, 12 April 2011

Tips dari Pak Amat

Hari minggu kemarin turun mancing lagi. Trip kali ini turun dari jembatan 2 Barelang ke area sekitar jembatan saja. Nggak jauh2 memang, iseng2 aja daripada tangan gatel nggak mancing.

Turun bareng kawan se-kumpeni total angler ada 3 orang, plus tekong jadi 4 orang deh. Rencana turun jam 10.00 tetapi kawan ngajak pagian aja. Sebenarnya nggak enak sama Pak Amat soalnya kita dah janjian jam 10.00 tahunya jam 09.00 dah nongol di rumah.

Mancing seharian lumayan juga, ikan yang naik Tokak, Puyut, Timun, dan tentunya Mr Lincing (yang kami biasa sebut guci2). Tapi ukuran tokak yang kami dapat lumayan juga, rata2 2-3 ons.

Pas pula dapat tips dari Pak Amat Tekong soal mancing Tokak.

1. Tokak banyak terdapat di area dangkal, lumayan jernih, bearus lumayan deras dan musti ada karang.

2. Perambut yang dipake nggak boleh terlalu panjang, maklum ikan kecil, jadi ketika ada sinyal bisa langsung terasa.

3. Pemberat yang dipakai usahakan ukuran kecil saja. Nah trik ini yang pertama kali kita nggak habis pikir, arus deras kok pake pemberat kecil? Alasannya sederhana, untuk area laut dangkal dan berkarang kalo kita memakai pemberat yang nomor besar (meskipun arus kuat) sama aja ngasih pemberat ke karang. Meskipun kita memakai pemberat kecil karena laut dangkal pasti tu umpan nyampe dasar deh, meskipun serasa bermain layangan.

Trik dari Pak Amat dah kita coba dan hasilnya lumayan, saat pulang mayoritas ikan yang kita bawa Tokak dengan berat total hampir 6 kilo. Ini rekor yang memuaskan untuk ukuran mancing siang dan area dekat2 Barelang saja.

Silakan dicoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar