Minggu, 24 April 2011

Ungaran, kotaku tercinta...

Karena besok pulang kampung ke Semarang, jadi teringat hometown nih. Saya besar di Ungaran, Kab Semarang. Daerah pinggiran dari Semarang. Area Ungaran sendiri sebenarnya sudah merupakan area pegunungan jadi bisa dibayangin sendiri seperti apa kondisi kampung halaman saya.

Meskipun saya bukan asli Ungaran tetapi hampir sebagian besar masa kecil saya hingga lulus kuliah saya habiskan di Ungaran. Ungaran kota kecil yang indah, karena pegunungan, iklim sehari-harinya sejuk. Segala macam sayuran mudah dijumpai disana. Yang susah tentu saja ikan laut dan ikan asin. Karena itulah mungkin sampai sekarang saya nggak bisa berenang tetapi jago nyangkul di kebun.

Ungaran sendiri terletak di kaki gunung yang mempunyai nama sama yaitu Gunung Ungaran. Gunung ini tidak terlalu tinggi, tetapi mempunyai pemandangan yang indah. Karena tidak terlalu tinggi dan medan pendakiannya tidak terlalu susah, gunung Ungaran menjadi tempat favorit anak muda Ungaran dan sekitarnya untuk menghabiskan waktu di kala senggang.

Gunung Ungaran difoto dari area Candi Gedong Songo 

Semasa SMA hampir tiap bulan sekali saya dan kawan-kawan naik gunung Ungaran. Di lereng gunung ini terdapat juga berbagai obyek wisata yang selalu ramai di akhir pekan. Mulai dari Candi Gedong Songo, Wisata Bandungan sampai pemandian air panas Limut di Boja.

Pemandian air panas Limut, Gonoharjo

Berbeda dengan di Batam, di kota kecil seperti Ungaran kultur Jawa masih terasa sekali. Tetapi mungkin karena pengaruh media atau internet terakhir saya pulang ke sana anak mudanya bisa dibilang sudah "gaul abis".

Meskipun begitu saya tetep kangen pulang ke Semarang. 

4 komentar:

  1. nitip ah heheheh http://om-saragosa.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. ra po2 mas.. podo2 tonggone wae kok..

      Hapus
  2. naik kepuncak nya kayaknya mantap tuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu waktu masih SMA tiap malem minggu hampir pasti naik ke gunung ungaran mas..

      tapi jangan coba2 naik pas tahun baru.. belum pernah kan kena macet di puncak gunung?? kalau mau coba di gunung ungaran tempatnya.

      Hapus