Selasa, 19 April 2011

Joran Shimano Ultegra GS S55M

Dua minggu lalu turun mancing ke jembatan 2 barelang. Ada kejadian yang kurang mengenakkan meskipun hasil mancingnya lumayan memuaskan. Joran yang saya pakai patah di bagian ujung. Maklum joran Pioneer seri murah yang harganya Rp 100.000 an. Saya rasa cukup cocok untuk angler pemula seperti saya.

Karena joran tersebut patah, beberapa hari ini saya sibuk hunting senjata andalan sebagai pengganti untuk pasangan reel Shimano saya. Kebetulan siang tadi ada kawan yang menawari saya joran Shimano seri Ultegra GS. Sepulang kerja langsung saya buru kerumah kawan tersebut. Spoiler joran yang ditawarkan kawan tersebut bisa dilihat di bawah.


Lumayanlah untuk angler pemula seperti saya. Seri yang ditawarkan Ultegra GS S55M. Untuk detail harganya bisa disearch di google aja. Yang pasti masih masuk di kantong pekerja shipyard seperti saya.

Bagi kawan-kawan lain yang berburu joran shimano ada informasi yang mungkin perlu untuk diketahui. Untuk joran shimano biasanya menggunakan spec dengan format Huruf (S, B, J), Angka 1 atau 2 digit, Angka lagi (optional), Huruf (S, R, F, MD). Terkadang untuk huruf yang di belakang menggunakan M atau H.

Huruf yang pertama menerangkan jenis dasar pancing tersebut contoh untuk S = Spinning, B = Bait Casting, J = Jigging. Angka untuk digit pertama merupakan panjang total joran dalam feet. Angka untuk digit kedua merupakan berat dari lure (biasa untuk bass, jig ato cast). Sedangkan huruf yang terakhir merupakan notasi untuk action dari rod tersebut bisa Slow (S), Fast (F) ataupun Regular (R). Sedangkan notasi M atau H biasa dipakai untuk menerangkan beban pemakaian yang disarankan, bisa medium duty atau heavy duty.

Sebagai contoh, joran yang lagi saya buru sekarang Shimano Ultegra GS S55M, secara kasar bisa diartikan kalo joran ini dipakai untuk spinning dengan panjang total joran kurang lebih 5 feet dan pemakain untuk medium duty (kira-kira untuk tarikan 4-8 kg). Untuk lebih lengkapnya tentu saja bisa dilihat di website resmi Shimano.

Selamat berburu joran Shimano.

6 komentar:

  1. nice share brother,.....
    ane juga pake ultegra, lumayan buat sentakannya, lenturm,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling enak untuk galatamaan mas.. kalau di bawa ketengah laut cocoknya untuk nyelar (pake sabiki/apollo rig)

      Hapus
  2. kalu joran untuk kilo gebrus enaknya pake joran apa boss

    BalasHapus
    Balasan
    1. kilo gebrus musuhnya ikan apaan mas?? kalau niat cari lauk alias maen hajar habis2an pake bassterra enak.. lentur boleh, maen kasar hayuukk

      kebetulan saya kurang suka makan ikan.. sukanya nyiksa doang, jadi keseringan cari sensasinya aja.. kalau yang ginian pake joran kelas ultra light atau light tackle baru mantap..

      Hapus
  3. kalau memakai joran ultegra GS s55m, enak ga kalau di pakai mancimg kilo gebrus.

    BalasHapus
  4. Kalo ultegra gs s70 mh cocok gak tuk dilaut..

    BalasHapus